Peta Investasi

DPMPTSP
Kabupaten Pelalawan
Map Kabupaten Pelalawan

Pangkalan Kerinci

Kecamatan Pangkalan Kerinci terletak lebih kurang 75 KM dari pusat ibukota Provinsi Riau. Batas Utara Kecamatan Pangkalan Kerinci adalah Kecamatan Kerinci Kanan dan Kabupaten Siak, Batas Selatan adalah Kecamatan Pangkalan Kuras, Batas Barat adalah Kecamatan Pelalawan, sedangkan Batas Timur Kecamatan Bandar Seikijang. Kecamatan Pangkalan Kerinci terdiri dari 3 kelurahan dan 4 desa, yaitu : Kelurahan Kerinci Kota, Kelurahan Kerinci Kota, Kelurahan Kerinci Barat, Desa Mekar Jaya, Desa Makmur, Desa Kuala Terusan, dan Desa Rantau Baru. Tingkat kepadatan penduduk Kecamatan Pangkalan Kerinci adalah 393 Jiwa/KM Persegi, dengan jumlah penduduk 81.784 Jiwa dan luas wilayah 208,88 KM Persegi. Potensi yang menonjol dari Kecamatan Pangkalan Kerinci adalah di bidang Perdagangan, Industri, Perkebunan, dan Pelayanan Jasa.

Teluk Meranti

Kecamatan Teluk Meranti terletak lebih kurang 125 KM dari pusat ibukota Provinsi Riau dan lebih kurang 65 KM dari pusat kota ibukota Kabupaten Pelalawan. Batas Utara Kecamatan Teluk Meranti adalah Sungai Apit Kabupaten Siak, Batas Selatan adalah Kabupaten Inhu dan Kabupaten Inhil, Batas Barat adalah Kecamatan Kerumutan, sedangkan Batas Timur adalah Kecamatan Kuala Kampar.Kecamatan Teluk Meranti terdiri dari 8 desa dan 1 kelurahan, yaitu : Teluk Meranti, Teluk Binjai, Petodaan, Kuala Panduk, Pangkalan Terap, Pulau Muda, Segamai, Gambut Mutiara, dan Labuhan Bilik. Tingkat kepadatan penduduk Kecamatan Teluk Meranti adalah 5 jiwa/KM Persegi, dengan jumlah penduduk 14.568 Jiwa dan luas wilayah 3.465,94 KM Persegi. Potensi yang menonjol di Kecamatan Teluk Meranti adalah di bidang Pariwisata, Perkebunan, Pertanian, dan Perikanan.

Bandar Sekijang

Kecamatan Bandar Sekijang terletak lebih kurang 34 KM dari pusat ibukota Provinsi Riau dan lebih kurang 36 KM dari pusat ibukota Kabupaten Pelalawan. Batas Utara Kecamatan Bandar Sekijang adalah Kabupaten Kampar, Batas Selatan adalah Kabupaten Siak, Batas Barat adalah Kabupaten Pangkalan Kerinci, sedangkan Batas Timur adalah Kota Pekanbaru.Kecamatan Bandar Sekijang terdiri dari 5 desa, yaitu : Seikijang, Kiyap Jaya, Lubuk Ogung, Muda Setia, dan Simpang Beringin. Tingkat kepadatan penduduk Kecamatan Bandar Sekijang adalah 65 Jiwa/KM Persegi, dengan jumlah penduduk 20.601 Jiwa dan luas wilayah 318,8 KM Persegi. Potensi yang menonjol dari Kecamatan Bandar Sekijang adalah di bidang Perkebunan (Kelapa Sawit dan Karet) dan Pertanian.

Kerumutan

Secara geografis Kecamatan Kerumutan terletak di timur ibukota Kabupaten Pelalawan. Kabupaten Kerumutan merupakan pemekaran dari Kecamatan Kuala Kampar yang letaknya sangat strategis dan dapat ditempuh melalui daratan dan sungai. Batas Utara Kecamatan Kerumutan adalah Kecamatan Bandar Petalangan, Batas Selatan adalah Kecamatan Lirik Kabupaten Indragiri Hulu, Batas Barat adalah Teluk Mranti, dan Batas Timur adalah Kecamatan Pangkalan Lesung.Kecamatan Kerumutan terdiri dari 10 desa, yaitu : Bukit Lembah Subur, Banjang Panjang, Kerumutan, Beringin Makmur, Pematang Tinggi, Pangkalan Tampoi, Pangkalan Panduk, Tanjung Air Hitam, Mak Teduh, dan Lipai Bulan. Tingkat kepadatan penduduk Kecamatan Kerumutan adalah 26 Jiwa/KM Persegi, dengan jumlah penduduk 19.889 Jiwa dan luas wilayah 773,86 KM Persegi. Potensi yang menonjol dari Kecamatan Kerumutan adalah di bidang Perkebunan (Kelapa Sawit), Perikanan, Peternakan, Pertambangan (Minyak dan Gas Bumi), dan Pariwisata (Suaka Marga Satwa Kerumutan).

Kuala Kampar

Kecamatan Kuala Kampar terletak lebih kurang 240 KM dari pusat ibukota Provinsi Riau dan lebih kurang 180 KM dari pusat ibukota Kabupaten Pelalawan. Batas Utara Kecamatan Kuala Kampar adalah Kecamatan Rangsang dan Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak, Sebelah Selatan adalah Kecamatan Pulau Burung Kabupaten Indragiri Hilir, Sebelah Barat adalah Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun Provinsi Kepri, sedangkan Batas Timur adalah Kecamatan Teluk Meranti dan Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak.Kecamatan Kuala Kampar terdiri dari 9 desa dan 1 kelurahan, yaitu : Teluk Dalam, Tanjung Sum, Sungai Solok, Sungai Upih, Teluk, Sokoi, Serapung, Teluk Beringin, Sungai Emas, dan Teluk Bakau. Tingkat kepadatan penduduk Kecamatan Kuala Kampar adalah 18 Jiwa/KM Persegi, dengan jumlah penduduk 17.726 Jiwa dan luas wilayah 1.000,39 KM Persegi. Potensi yang menonjol di Kecamatan Kuala Kampar adalah Pertanian, Perkebunan, Peternakan, dan Perikanan.

Pelalawan

Kecamatan Pelalawan terletak lebih kurang 95 KM dari pusat ibukota Provinsi Riau dan lebih kurang 30 KM dari pusat ibukota Kabupaten Pelalawan. Batas Utara Kecamatan Pelalawan adalah Kabupaten Siak, Batas Selatan adalah Kabupaten Bunut, Batas Barat adalah Kecamatan Teluk Meranti, dan Batas Timur adalah Kecamatan Pengkalan Kerinci.Kecamatan Pelalawan terdiri dari 9 desa, yaitu : Pelalawan, Sering, Kualo Tolam, Rangsang, Sungai Ara, Delik, Lalang Kabung, Batang Nilo Kecil, dan Telayap. Tingkat kepadatan penduduk Kecamatan Pelalawan adalah 40 Jiwa/KM Persegi, dengan jumlah penduduk 16.854 Jiwa dan luas wilayah 421,472 KM Persegi. Potensi yang menonjol dari Kecamatan Pelalawan adalah di bidang Perkebunan, Perikanan, dan Pariwisata.

Pangkalan Lesung

Kecamatan Pangkalan Lesung terletak lebih kurang 132 KM dari pusat ibukota Provinsi Riau dan lebih kurang 67 KM dari pusat ibukota Kabupaten Palalawan. Batas Utara Kecamatan Pangkalan Lesung adalah Kecamatan Bandar Petalangan dan Pangkalan Kuras, Batas Selatan adalah Kecamatan Ukui, Batas Barat adalah Kecamatan Bandar Petalangan dan Kerumutan, sedangkan Sebelah Timur adalah Kecamatan Pangkalan Kuras.Kecamatan Pangkalan Lesung terdiri dari 1 Kelurahan dan 9 Desa, yaitu : Kelurahan Pangkalan Lesung, Genduang, Dusun Tua, Mayang Sari, Mulya Subur, Sari Mulya, Sari Makmur, Rawang Sari, Pesaguan, dan Tanjung Kuyo. Tingkat kepadatan penduduk Kecamatan Pangkalan Lesung adalah 58 Jiwa/KM Persegi, dengan jumlah penduduk 27.556 Jiwa dan luas wilayah 472,74 KM Persegi. Potensi yang menonjol di Kecamatan Pangkalan Lesung adalah Pertanian dan Perkebunan.

Langgam

Kecamatan Langgam terletak lebih kurang 60 KM dari pusat ibukota Provinsi Riau dan lebih kurang 25 KM dari pusat ibukota Kabupaten Pelalawan. Batas Utara Kecamatan Langgam adalah Kecamatan Pangkalan Kerinci dan Bandar Seikijang, Batas Selatan adalah Kabupaten Kuantan Singingi, Batas Barat adalah Kecamatan Pangkalan Kuras, sedangkan Sebelah Timur adalah Kabupaten Kampar.Kecamatan Langgam terdiri dari 7 desa dan 1 kelurahan, yaitu : Kelurahan Langgam, Desa Tambak, Segati, Sotol, Langkan, Pangkalan Gondai, Panarikan, dan Padang Luas. Tingkat kepadatan penduduk Kecamatan Langgam adalah 41 Jiwa/KM Persegi, dengan jumlah penduduk 24.652 Jiwa dan luas wilayah 1.324,13 KM Persegi. Potensi yang menonjol di Kecamatan Langgam adalah Perikanan Air Tawar, Perkebunan (Karet dan Sawit), Gas Bumi, dan Hutan Alam (HTI/HTR).

Bunut

Kecamatan Bunut terletak lebih kurang 121 KM dari pusat ibukota Provinsi Riau dan lebih kurang 60 KM dari pusat ibukota Kabupaten Pelalawan. Batas Utara Kecamatan Bunur adalah Kabupaten Pelalawan, Batas Selatan adalah Kecamatan Bandar Petalangan, Batas Barat adalah Kecamatan Teluk Meranti, sedangkan Batas Timur adalah Kecamatan Pangkalan Kuras.Kecamatan Bunut tediri dari 9 desa, yaitu : Pangkalan Bunur, Merbau, Petani, Lubuk Mas, Sungai Buluh, Bagan Laguh, Balam Merah, Lubuk Mandian Gajah, Sialang Kayu Batu, dan Kering. Tingkat kepadatan penduduk Kecamatan Bunut adalah 140 Jiwa/KM Persegi, dengan jumlah penduduk 12.960 Jiwa dan luas wilayah 92,90 KM Persegi. Potensi yang menonjol dari Kecamatan Bunut adalah di bidang Pertanian dan Perkebunan.

Pangkalan Kuras

Kecamatan Pangkalan Kuras terletak lebih kurang 114 KM dari pusat ibukota Provinsi Riau dan lebih kurang 45 KM dari pusat ibukota Kabupaten Pelalawan. Batas Utara Kecamatan Pangkalan Kuras adalah Kecamatan Pangkalan Kerinci, Batas Selatan Kecamatan Pangkalan Lesung, Batas Barat adalah Kecamatan Langgam, sedangkan Batas Timur adalah Kecamatan Bunut.Kecamatan Pangkalan Kuras terdiri dari 16 desa, yaitu : Tanjung Beringin, Talau, Kesuma, Betung, Sorek Satu, Sorek Dua, Dundangan, Surya Indah, Beringin Indah, Sialang Indah, Terantang Manuk, Palas, Harapan Jaya, Meranti, Kemang, Batang Kulim, dan Sido Mukti. Tingkat kepadatan penduduk Kecamatan Pangkalan Kuras adalah 76 Jiwa/KM Persegi, dengan jumlah penduduk 49.287 Jiwa dan luas wilayah 647,37 KM Persegi. Potensi yang menonjol dari Kecamatan Pangkalan Kuras adalah Pertanian, Perkebunan (Karet dan Sawit), dan Perdagangan.

Bandar Petalangan

Kecamatan Bandar Petalangan terletak lebih kurang 110 KM dari pusat ibukota Provinsi Riau, dan lebih kurang 45 KM dari pusat ibukota Kabupaten Pelalawan. Batas Utara Kecamatan Bandar Petalangan adalah Kecamatan Pangkalan Kuras dan Kecamatan Bunut, Batas Selatan adalah Kecamatan Pangkalan Lesung, Batas Barat adalah Kecamatan Pangkalan Kuras, sedangkan Batas Timur adalah Kecamatan Teluk Meranti dan Kecamatan Kerumutan.Kecamatan Bandar Petalangan terdiri dari 11 desa, yaitu : Kuala Semundam, Lubuk Keranji, Tambun, Lubuk Terap, Angkasa, Sialang Godang, Terbangiang, Lubuk Raja, Air Terjun, Sialang Bungkuk, dan Lubuk Keranji Timur. Tingkat kepadatan penduduk Kecamatan Bandar Petalangan adalah 36 jiwa/KM Persegi, dengan jumlah penduduk 13.407 Jiwa dan luas wilayah 373 KM Persegi. Potensi yang menonjol di Kecamatan Bandar Petalangan adalah di bidang Perkebunan (Kelapa Sawit) dan Pertanian.

Ukui

Kecamantan Ukui terletak lebih kurang 146 KM dari pusat ibukota Provinsi Riau dan lebih kurang 75 KM dari pusat ibukota Kabupaten Pelalawan. Batas Utara Kecamatan Ukui adalah Kecamatan Pangkalan Lesung, Batas Selatan adalah Kabupaten Indragiri Hulu, Batas Barat adalah Kecamatan Pangkal Lesung, sedangkan Batas Timur adalah Kecamatan Indragiri Hulu.Kecamatan Ukui terdiri dari 11 Desa dan 1 Kelurahan, yaitu : Ukui Satu, Ukui Dua, Bukit Gajah, Bukit Jaya, Trimulya Jaya, Air Emas, Kampung Baru, Air Hitam, Lubuk Kembang Bunga, Silikuan Hulu, Lubuk Kembang Sari, dan Bagan Limau. Tingkat kepadatan penduduk Kecamatan Ukui adalah 23 Jiwa/KM Persegi, dengan jumlah penduduk 35.075 Jiwa dan luas wilayah 1.494,75 KM Persegi. Potensi yang menonjol dari Kecamatan Ukui adalah di bidang Pertanian, Perkebunan, dan Perikanan.